Tips Interview Magang Praktik Kerja Langsung Mahasiswa 100% Diterima

Diposting pada

Tips interview magang banyak dicari oleh mahasiswa yang ingin melakukan praktik kerja langsung. Informasi dengan mudahnya di dapat oleh siapa saja dengan memasukkan kata kunci tips magang atau tips interview magang di pencarian Google. Namun banyak pula, informasi yang masih kurang solutif terhadap masalah yang ada. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, mahasiswa harus mampu mencari tips diterima magang yang kredibel.

tips interview magang lolos diterima

Perlu diketahui bahwa magang merupakan salah satu mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi. Magang dikhususkan untuk semua mahasiswa, agar mampu mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat. Mahasiswa dituntut untuk menyalurkan ilmu secara teori kemudian dilakukan berupa praktik nyata di lapangan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya kegiatan magang juga akan menambah pengalaman kerja mahasiswa.

Tapi sudah pasti ada hambatan jika ingin sukses, salah satunya tidak lolos interview dan tidak diterima. Interview menjadi kunci agar mahasiswa dapat diterima ditempat magang sesuai keinginan. Lantas bagaimana tips interview magang yang baik? Jawabannya ada dibawah ini.

Tips Wawancara Praktik Kerja Langsung

Wawancara atau interview memang kerap kali menjadi batu sandungan yang besar. Banyak yang menyepelekan mengenai tahap yang satu ini. Walaupun sudah menguasai public speaking dengan baik, tidak memungkiri dapat gugup bahkan hilang fokus. Nah untuk mahasiswa yang grogi, tips ini dapat dicoba sebagai berikut :

  • Sebelum memasuki ruang interview, diwajibkan untuk lebih rileks seperti minum terlebih dahulu atau sekedar mengunyah permen. Kegiatan satu ini dapat menurunkan tingkat kecemasan seseorang.
  • Saat memasuki ruang interview, sebisa mungkin untuk tetap tenang dan mengucapkan salam. Hal ini akan menjadi penilaian awal mengenai norma kesopanan kamu.
  • Saat dipersilahkan duduk, sebisa mungkin tetap duduk yang tegak dengan jari-jari tangan memegang sudut meja dihadapan kamu. Sikap duduk sempurna ini juga akan dinilai oleh pewawancara.
  • Saat diwawancarai mengenai beberapa hal, tetaplah tenang dan fokus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sesuai fakta jangan melebih-lebihkan.
  • Setelah selesai wawancara, wajib untuk mengucapkan salam dan terima kasih.

Sebenarnya tips interview magang merupakan hal yang sangat simple untuk dilakukan. Masalah utama yang menggangu kelancaran interview, hanya soal kegugupan, kesopanan dan ketidakjujuran. Jika kamu sudah melakukan tips diatas pasti peluang besar akan diterima oleh tempat kamu magang.

Tips Magang untuk Mahasiswa

Setelah kamu diterima ditempat magang, ada penilaian akhir yang nantinya akan diserahkan kepada dosen pembimbing magang. Penilaian dari tempat kamu magang inilah yang menjadi acuan nilai magang. Berikut ini ada tips magang untuk mahasiswa agar penilaian akhirmu sempurna.

  • Sistem jemput kerjaan sangat bagus untuk dilakukan, seperti menanyakan kerjaan apa saja yang dapat dibantu oleh kamu sebagai anak magang. Tips ini sangat bagus agar kamu terlihat aktif di tempat magang.
  • Aktif bersosialisasi dengan para karyawan di tempat magang. Kegiatan ini juga sangat penting untuk mencari sebuah informasi yang digunakan untuk penilaian kesopanan dan mencari informasi magang untuk laporan nanti.

Untuk tips hari pertama magang hanya terpenting mudah berbaur dengan para karyawan dan bersosialisasi dengan baik. Itulah tips interview magang untuk mahasiswa agar 100% diterima ditempat magang sesuai keinginan. Segera diterapkan saat interview, semoga lolos!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =