Ekonomi Internasional : Pengertian, Manfaat, dan Tujuan

Diposting pada

Ekonomi Internasional merupakan sebuah bidang ilmu yang berlandaskan kepentingan perekonomian antar negara yang kemudian membentuk suatu ketergantungan antar negara yang sama-sama membentuk kerja sama. Ilmu ini juga belajar bagaimana menjalin dan memperkuat basis ekonomi antar kerja sama yang sudah dijalin baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

pengertian ekonomi internasional
kerjasama ekonomi internasional

Lantas apa pembahasan lengkapnya mengenai bidang ilmu itu? Kamu dapat menyimak penjelasan lengkapnya dibawah ini harap dibaca dengan seksama untuk bahan belajar atau sekedar menambah wawasan agar lebih luas.

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu yang membahas hubungan ekonomi antar suatu negara dan membentuk pola saling menggantungkan antar satu sama lain guna mencukupi kebutuhan di negara sendiri. Sedangkan kerjasama ekonomi internasional adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk menghimpun kekuatan perekonomian agar menciptakan kekuatan perekonomian yang baru dan dapat memenuhi kebutuhan negaranya sendiri.

Kerjasama yang dijalin atau dihimpun tentunya tidak hanya satu negara saja melainkan dilakukan dengan beberapa negara (multilateral) sehingga terciptalah kekuatan ekonomi yang diinginkan oleh para petinggi negara. Hubungan yan g dijalin tentunya membawa dampak positif dengan begitu perekonomian antar negara yang menjalin kerjasama akan meningkat.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

Dengan dilakukannya kerjasama ekonomi internasional, pastinya pemimpin negara melakukan tindakan itu mempunyai kepentingan yang baik karena mempunyai beberapa manfaat yang akan didapat, diantaranya :

  • Memperkuat perekonomian antar suatu negara
  • Dapat mencukupi kebutuhan negara yang masih kurang atau tidak dapat mencukupi sendiri
  • Membuka investor baru atau perusahaan asing yang menanam modal
  • Membuka lapangan pekerjaan baru
  • Mengurangi pengangguran yang ada
  • Hubungan diplomatik juga semakin meningkat

Tujuan Kerjasama Ekonomi Internasional

Setelah mengetahui manfaat dari dilakukannya ekonomi internasional, maka pemimpin negara melakukan kerjasama antar negara sudah pasti mempunyai maksud dan tujuan tertentu sebagai berikut :

  • Guna menguatkan perekonomian antar negara yang menjalin kerjasama
  • Guna mencukupi kebutuhan antar negara
  • Guna membuka lapangan pekerjaan seperti mendatangkan pekerja imigran antar negara
  • Guna menarik minat investor masing-masing negara terkait

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama ekonomi internasional juga memiliki bentuk yang mencakup bentuk hubungan yang terjalin. Ada dua bentuk yang dapat disebutkan, diantaranya :

  • Bilateral, kerjasama ini mencakup dua negara saja yang melakukan perjanjian kerjasama perekonomian, sebagai contoh seperti Indonesia dengan Malaysia.
  • Multilateral, kerjasama ini mencakup lebih dari dua negara yang biasanya diikuti oleh lingkup geografis wilayah seperti dalam lingkup Asean maupun lainnya dengan contoh opec adalah contoh bentuk lembaga kerjasama ekonomi internasional yang diikuti oleh beberapa negara besar.

Pengaruh ekonomi internasional terhadap ekonomi nasional itu sangat besar, karena negara tidak akan dapat makmur jika tidak membentuk aliansi perdagangan atau perekonomian. Maka dengan adanya aliansi tersebut diharapkan negara yang menjalin kerjasama kekuatan perekonomiannya akan semakin meningkat. Perlu diketahui juga suatu negara dikatakan melakukan kerjasama ekonomi internasional jika telah menjalin kerjasama dengan minimal 1 negara dalam bidang perekonomian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =