Contoh Kosa Kata Belajar Bahasa Jawa Halus Sehari-hari dan Artinya

Diposting pada

 Blog Ilmu Pendidikan –  Bahasa jawa halus atau dikenal dengan krama alus/inggil adalah sebuah bahasa jawa yang digunakan untuk orang yang lebih muda terhadap orang yang lebih tua. Belajar bahasa jawa halus dianjurkan oleh semua orang Jawa Tengah terkhusus anak-anak muda yang harus menjunjung tinggi sopan dan santun terhadap orang yang lebih tua. Banyak contoh percakapan bahasa jawa halus yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar percakapan bahasa jawa halus.

belajar bahasa jawa halus sehari-hari
belajar bahasa jawa halus sehari-hari

Bahasa jawa halus sehari-hari sering digunakan oleh anak kepada orang tua, atau siswa kepada guru dan lain-lain, dengan begitu komunikasi yang terjalin diharapkan dapat menjunjung tinggi nilai norma kesopanan terhadap orang tua. Karena budaya jawa sendiri sangat menjunjung tinggi arti nilai kesopanan terhadap orang tua.

Penggunaan bahasa jawa halus memang agak sulit dan asing bagi orang awam, namun jika diasah secara terus menerus tentunya akan meningkatkan jumlah kosa kata yang ada. Maka dari itu penilaian orang tua terkhusus orang tua Jawa Tengah-an sangat menyukai anak muda yang jago dalam bertutur kata menggunakan krama alus atau bahasa jawa halus.

Berikut ini contoh percakapan belajar bahasa jawa halus sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar percakapan bahasa jawa halus. Simak baik-baik dibawah ini.

Aku ingin makan                = Kula badhe dhahar

Aku ingin pergi ke sekolah  = Kula badhe tindak dateng sekolah

Aku ingin tidur                  = Kula badhe sare

Aku ingin main                  = Kula badhe dolan

Aku ingin pergi ke pasar     = Kula badhe tindak dateng peken

Aku ingin membaca bucu   = Kula badhe maos buku

Aku ingin mandi                = Kula badhe siram

Terima kasih                     = Matur nuwun

Selamat pagi                     = Sugeng enjang

Selamat sore                     = Sugeng sonten

Selamat malam                  = Sugeng ndalu

Selamat ulang tahun           = Sugeng ambal warsa

Aku bisa                           = Kula saget

Demikian contoh percakapan belajar bahasa jawa halus sehari-hari dan artinya yang dapat kamu baca dan mulai praktekkan semoga dengan adanya artikel ini menambah wawasan dan manfaat yang diinginkan. Kedepannya akan terus diupdate mengenai kosa kata yang ada. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 6 =