Analisis Perilaku Keorganisasian pada PT Arya Noble Global

Diposting pada

Blog Ilmu Pendidikan – Perilaku keorganisasian adalah sebuah studi yang mempelajari mengenai pola tingkah laku yang terjadi di dalam organisasi. Perilaku keorganisasian sebagai studi di perkuliahan menjadi sebuah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh para anak jurusan manajemen dalam menyelesaikan suatu masalah di dalam perusahaan atau organisasi.

analisis perilaku keorganisasian
perilaku keorganisasian

Berikut ini ada ringkasan analisis singkat perilaku keorganisasian pada PT Arya Noble Global, disimak baik-baik ya.

Analisis Singkat Perilaku Keorganisasian pada PT Arya Noble Global dengan Penjelasan Beberapa Faktor

a.     Komunikasi

Dalam organisasi PT. Arya Noble Global pada hal komunikasi ada kesenjangan informasi antara bagaian HRD dengan CEO/Owner yang menyebabkan tidak mengetahui strategi besar perusahaan. Ini menandakan bahwa komunikasi internal tidak berjalan dengan baik dan menimbulkan masalah yang krusial. Masalah komunikasi seperti yang terjadi pada PT. Arya Noble Global harus ditangani secara cepat agar terjadi sinergi antara HRD dengan CEO/Owner dikarenakan perusahaan yang baik dan yang akan berjalan dengan lancar adalah perusahaan yang mempunyai hal komunikasi dengan baik tidak hanya atasan dengan atasan, akan tetapi dengan semua karyawan yang ada. Agar visi dan misi dapat disatukan sehingga terjadi sinergi yang membuat perusahaan semakin maju dan berkembang terus.

b.     Kepemimpinan

Dalam setahun Erha anak perusahaan dari PT. Arya Noble Global membuka 15-20 cabang. Jadi tantangan Erha adalah mendapatkan kepala cabang yang dapat memimpin Erha dengan baik. Pihak PT. Arya Noble Global sudah mencoba merekrut pimpinan dari pihak eksternal akan tetapi tidak banyak yang memiliki similarity business process seperti Erha, sehingga PT. Arya Noble Global harus mengembangkan para pimpinan dari pihak internal. Maka dari itu HC dalam PT. Arya Noble Global tidak hanya berkaitan dengan SDM saja, akan tetapi menangani untuk perencanaan perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dan terus maju dengan mempertahankan posisi perusahaan pada pasar. 

Yang kedua sebagai pengevaluasi kerangka kerja perusahaan untuk mendapatkan perincian seberapa besar kerangka kerja yang sudah dijalankan. Yang ketiga yaitu untuk mengurangi gap yang ada antara leader dengan yang ada dibawahnya atau karyawan agar terjadinya sinergi serta mendorong perusahaan agar terus maju.

Untuk itu dalam hal kepemimpinan perusahaan, PT. Arya Noble Global ingin kerangka kerja dibangun oleh manajemen integrase talenta. Karena perusahaan tidak mau menentukan talenta pemimpin hanya dari seberapa lama dia bekerja akan tetapi dengan pengklasifikasian skill dan kemampuan dulu, apakah calon pemimpin ini talent, excellent contributor, regular employee, atau star employee. Karena untuk menjadi pemimpin pada anak perusahaan Erha tidak hanya pemimpin yang mempunyai jiwa leader atau kepemimpinan saja akan tetapi juga yang memiliki jiwa creator atau pencipta, sebagai pencipta ide dan strategi untuk kemajuan usaha perusahaan.

Selain itu pada kepemimpinan Arya Noble juga dikembangkan Talent Development dengan tujuan untuk menciptakan pemimpin yang mempunyai banyak kemampuan dalam menciptakan strategi dan peluang serta menyelesaikan permasalahan yang ada pada perusahaan, karena ada sesi pelatihan dan pengembangan yang dilakukan atasan ini menunjukkan bahwa atasan sangat berkomitmen untuk memberikan ilmu dan pengetahuan mengenai kepemimpinan kepada para bawahannya agar perusahaan tetap maju dan berjalan dengan baik serta dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Dalam kepemimpinan juga Arya Noble memberikan reward pada setiap talenta yang berprestasi, reward atau hadiah tidak diberikan berupa uang akan tetapi berupa fasilitas gym atau travelling bahkan sesi diskusi khusus dengan para CEO/owner seperti round table, dinner dan lunch. Membahas kepemimpinan perusahaan Arya Noble ini menandakan semakin bagus dan selalu mengedepankan para bawahan agar terus termotivasi dalam bekerja. 

Gaya kepemimpinan inilah yang nantinya sangat bermanfaat untuk kemajuan, dengan bukti bahwa Arya Noble menghasilkan talent pemimpin promosi baru sebanyak 21 pemimpin pada tahun 2017 dengan adanya pembenahan SDM yang ada pada perusahaan. 

Lalu pada tahun 2018 menghasilkan 24 pemimpin promosi baru dan lonjakan terjadi pada tahun 2019 dengan total 45 pemimpin baru hasil promosi dari dalam. Ini menandakan bahwa keseriusan pemimpin Arya Noble dalam menciptakan SDM yang maju sudah terwujud dengan baik dan pembenahan yang dilakukan tadinya juga sudah membuahkan hasil yang sangat bagus.

Arya Noble juga tidak menutup kemungkinan akan merekrut pemimpin dari pihak luar asalkan memenuhi syarat dan mempunyai skill yang sesuai kompetensi pada Arya Noble. Gaya kepemimpinan Arya Noble sudah sangat bagus dan baik yang mengedepankan bisnis untuk tumbuh bersama-sama dengan mempunyai sinergi yang baik dalam perusahaan.  

Maka gap antara atasan dan karyawan semakin kecil, karena karyawan dijadikan partner dan selalu diberikan reward jika beprestasi dan diberikan pelatihan. Maka akan muncul karyawan atau leader yang mempunyai semangat tinggi, yang nantinya dapat berperan penting pada perusahan PT. Arya Noble Global.

Semoga analisis perilaku keorganisasian secara singkat pada PT Arya Noble Global ini dapat bermanfaat sebagai bahan materi teman-teman semua, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 11 =