Hindari Hal Berikut Ini, Agar Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan

Diposting pada

Blog Ilmu Pendidikan – Belajar yang menyenangkan tentunya menjadi keinginan untuk para siswa dan guru. Disamping membuat pembelajaran menjadi asyik dan tidak membuat jenuh serta bosan, belajar yang menyenangkan juga meningkatkan tingkat fokus para siswa. Dengan begitu metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan memang harus dilakukan agar pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan baik.

Namun sebelum menerapkan metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan, para guru diharuskan memahami mengenai hal-hal yang dapat membuat para siswa bosan bahkan takut dan akibatnya tidak ingin mengikuti pelajaran yang diadakan di kelas. 

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari, agar metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan dapat tercapai disaat pembelajaran kelas.

1. Menghindari metode pembelajaran monoton

Pembelajaran yang monoton membuat para siswa merasakan bosan bahkan merasa ngantuk. Disamping itu pelajaran yang monton mengakibatkan para siswa merasa tidak semangat dan tertarik terhadap materi yang diajarkan. Maka dari itu metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan dapat terpenuhi dikelas.
Buat pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan gaya pembelajaran yang efektif serta menarik, agar para siswa merasa pembelajaran dikelas menjadi sebuah hal yang menyenangkan.

2. Menghindari metode pembelajaran terpaku 1 buku

Belajar yang baik memang berasal dari beberapa sumber kredibel yang dapat diajarkan disaat pembelajaran di kelas. Jika pembelajaran hanya terpaku dengan 1 buku saja, maka para siswa akan merasa tidak tertarik dikarenakan pemikiran-pemikirannya tidak berkembang dan hanya terpaku 1 buku saja.
Dengan beberapa media yang digunakan untuk pembelajaran baik buku lain, internet dan sumber lainnya akan mendorong kreatifitas berpikir para siswa. Dikarenakan sosiologi berupa teori-teori yang harus dikembangkan untuk berpikir mengenai pola perilaku yang terjadi di masyarakat.

3. Menghindari metode pembelajaran yang kaku

Metode pembelajaran yang kaku, memang sering terjadi dalam pembelajaran di dalam kelas. Biasanya itu terjadi jika guru mengajarkan pembelajaran dengan gaya yang terlalu serius dan galak. Dengan metode pembelajaran seperti itu biasanya para siswa akan enggan untuk aktif di kelas dan merasa sangat tertekan. Sehingga para siswa tidak menikmati materi yang diajarkan, akibat itu materi tidak terpahami dengan baik.
Metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan akan mengajarkan materi dengan beberapa metode yang dapat dicoba baik berupa kuis, melalui pemutaran film, ppt yang menarik seperti animasi, dan lain-lain.
Itulah pembahasan mengenai hal-hal yang harus dihindari, agar metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan dapat terpenuhi di kelas. Sehingga para siswa dapat menikmati materi sosiologi yang diajarkan, dengan begitu para siswa akan rajin dan disiplin untuk aktif belajar sosiologi di kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + six =