Bantuan Kuota Kemendikbud Dicairkan Hari Ini, Sehingga Banyak Pelajar dan Mahasiswa Merasa Terbantu

Diposting pada
ilustrasi mahasiswa belajar

Blog Ilmu Pendidikan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan bantuan kuota gratis untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Penyaluran kuota gratis ini dimulai hari ini, Kamis (11/03/21).

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan bahwa kuota kemendikbud ini akan disalurkan setiap periode tanggal 11 sampai 15 setiap bulannya dan kuota kemendikbud ini berlaku 30 hari sejak kuota berhasil masuk ke dalam simcard yang terdaftar masing-masing.

Untuk nomor yang sudah terdaftar dan mendapatkan bantuan kuota kemendikbud pada periode bulan Juli-Desember kuota itu akan otomatis masuk ke dalam nomor hp setiap siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang masih aktif, akan tetap mendapatkan bantuan kuota kemendikbud gratis.

Untuk rincian kuota yang didapatkan masing-masing peserta didik dan tenaga kependidikan yakni peserta didik PAUD akan mendapat kuota kemendikbud dengan total 7GB/bulan, untuk jenjang dasar sampai menengah pertama akan mendapatkan 10GB/bulan, serta menengah atas sebesar 12GB/bulan. Adapun kuota kemendikbud yang didapat oleh mahasiswa dan dosen sebesar 15GB/bulan.

Mendikbud kembali menegaskan bahwa kuota kemendikbud yang dibagikan serentak pada hari ini, memang jumlahnya lebih kecil dibanding periode sebelumnya. Namun kuota kemendikbud sekarang ini adalah kuota umum yang dapat mengakses beberapa laman resmi yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai laman yang dapat diakses dengan kuota bantuan kemendikbud ini.

Meskipun kuota bantuan kemendikbud berkategori umum, layaknya kuota ini tidak dapat digunakan untuk mengakses sosial media seperti Tiktok, Facebook, Instagram, Twitter, aplikasi game, dan situs yang sudah diblokir oleh Kemenkominfo. 

Namun dipastikan kuota bantuan kemendikbud ini support Youtube, jadi kamu dapat belajar menggunakan Youtube secara bebas. Dikarenakan sekarang ini baik guru dan dosen menggunakan Youtube sebagai tempat pembelajaran jaral jauh di masa pandemi Covid-19.

Mendikbud Nadiem Makarim menghimbau, bagi nomor yang mengalami perubahan atau belum menerima bantuan kuota, masih dapat mendaftarkan nomor terkait untuk mendapatkan kuota bantuan Kemendikbud periode April 2021.

Berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Setiap calon penerima wajib melapor kepada pimpinan satuan pendidikan dimana peserta didik itu berada sebelum bulan April 2021 agar mendapat kuota bantuan Kemendikbud.

2. Pimpinan atau operator satuan pendidikan terkait mengunggah SPTJM untuk perubahan nomor peserta didik pada:

– https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

-https://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang perguruan tinggi)

untuk dapat terdaftar sebagai penerima bantuan kuota Kemendikbud, berikut ini syarat yang dapat kamu penuhi agar menjadi calon penerima bantuan kuota Kemendikbud tahun 2021:

1. Peserta didik PAUD, dasar, dan menengah pertama atau atas

-Terdaftar di Dapodik dan masih berstatus aktif.

-Memiliki nomor ponsel aktif baik atas nama peserta didik, orang tua, wali.

2. Mahasiswa

-Terdaftar di PDDikti dan masih berstatus aktif dalam perkualiahan.

-Memiliki KRS (Kartu Rencana Studi) pada semester berjalan.

-Memiliki nomor ponsel aktif sesuai yang terdaftar di satuan pendidikan.

3. Dosen

-Terdaftar di PDDikti dan masih bertatus aktif mengajar pada tahun ajaran 2020/202.

-Memiliki nomor registrasi baik NIDN, NIDK, atau NUP.

-Memiliki nomor ponsel aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − seven =