Apa itu Kesenjangan Sosial dan Contohnya? Berikut Penjelasan dari Sisi Sosiologi

Diposting pada
kesenjangan sosial di Indonesia
ilustrasi kesenjangan sosial

Blog Ilmu Pendidikan – Ketimpangan sosial atau yang lebih dikenal kesenjangan sosial hadir sebagai fenomena sosial yang ada di sekitar kita. Kesenjangan sosial banyak terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari bahkan kita ketahui langsung. Kesenjangan sosial ini timbul di seluruh negara di dunia baik negara maju, negara berkembang, dan yang paling banyak di negara terbelakang atau miskin.

Kesenjangan sosial sangat berkaitan erat dengan stratifikasi sosial atau pembagian kelas sosial. Kedua itu tidak dapat dipisahkan karena saling berkesinambungan satu sama lain. Di dalam artikel ini akan membahas menganai rangkuman singkat kesenjangan sosial yang dapat dijadikan bahan belajar kamu.

Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial?

Kesenjangan sosial adalah pembagian kelas sosial berdasarkan tingkat kekayaan akibat tidak meratanya sumber daya maupun hak-hak individu yang tidak terpenuhi. Kesenjangan sosial ini sangat berkaitan dengan kelas sosial. 
Banyak terjadi di lingkungan sekitar kita terjadi pembedaan kelas sosial saat berinteraksi maupun bersosialisasi. Sebagaimana kelas sosial tingkat atas biasanya cenderung berinteraksi dengan masyarakat kelas sosial tingkat atas. Masyarakat tingkat menengah juga akan sebagian bersosialisasi ditingkat kelas sosial menengah. Disini kelas sosial paling bawah akan merasa dikucilkan bahkan dianggap sebelah mata oleh kelas sosial diatasnya dan terjadilah kesenjangan sosial akibat pembagian kelas sosial ini.
kesenjangan sosial di indonesia

Contoh kesenjangan sosial yang terjadi di sekitar kita

Anak pejabat tidak boleh ditegur

Banyak kasus yang terjadi di dunia pendidikan ini salah satunya yakni kasus guru ditangkap dan dipenjara hanya sekedar menegur siswa yang melakukan pelanggaran dan gaduh dikelas. Kasus kesenjangan sosial ini terjadi karena sang anak merupakan seorang anak dari pejabat besar di pemerintahan maupun setingkat. Dengan status kelas sosial yang tinggi, maka guru pun kalah dan harus terkena kasus bahkan sampai dipenjara. Padahal seorang guru berniat mendidik, teguran yang dilakukan hanya sebatas mengingatkan dikarenakan sudah ada syarat dan ketentuan bagi pendidik tidak boleh melakukan kekerasan fisik maupun non fisik, jika hanya sekedar teguran itu wajar.

Penerimaan pekerjaan berdasarkan kekeluargaan

Salah satu contoh kesenjangan yang lain adalah penerimaan pekerjaan berdasarkan kekeluargaan baik yang sudah kenal maupun memang kerabat. Kesenjangan sosial ini banyak terjadi juga disekitar kita dan tentunya marak terjadi. Penerimaan pekerjaan tidak didasarkan oleh kapabilitas dari seorang pelamar, namun berdasarkan kekeluargaan akibatnya banyak pelamar pekerjaan yang mempunyai kapabilitas tinggi dan baik, walaupun berasal dari kelas sosial bawah sekalipun tidak dapat bekerja. 

Lulusan kampus kecil dianggap tidak kompeten

Sarjana yang lulus dari kampus kecil dan tidak terkenal banyak yang dianggap tidak kompeten oleh HRD perusahaan. Kesenjangan sosial ini terjadi karena kelas sosial kampus ternama menjadikan sebuah label yang dianggap terbaik dan menciptakan sarjana yang kompeten. Namun tidak semua lulusan dari kampus ternama dan terbaik juga selalu meloloskan sarjana yang mempunyai segudang skil, dan tidak semua lulusan kampus kecil juga tidak memiliki kompetensi yang mumpuni. Kembali lagi terhadap individu masing-masing.
Beberapa contoh kesenjangan sosial tersebut yang sering terjadi di sekitar kita. Dan itu merupakan kasus yang banyak dikeluhkan oleh sebagian besar orang dan masyarakat pada umumnya. Merujuk dengan contoh kasus di atas, maka dapat disebutkan bahwa ada penyebab terjadinya kesenjangan sosial tersebut.

Penyebab Timbulnya Kesenjangan Sosial

Ketidakadilan

Ketidakadilan adalah perlakuan untuk menguntungkan pihak tertentu maupun pribadi dengan merugikan orang lain.

Diskriminasi

Diskriminasi adalah sebuah perlakuan yang menganggap pihak tertentu lebih diutamakan dan yang tidak dianggap harus diperlakukan baik, maka akan dianggap sebelah mata.

Primordialisme

Primordialisme adalah sebuah pandangan yang didasarkan oleh individu tertentu, bukan dari kapasitas diri atau kemampuan.
Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu kesenjangan sosial dan contohnya? dari sisi penjelasan sosiologi. Dengan pemahaman kesenjangan sosial ini, semoga akan menambah pengetahuan kamu semua. Bahwa kelas sosial itu tidak baik untuk dilakukan, karena kita semua sama dan mempunyai hak masing-masing untuk bersosialisasi maupun dipandang sama dengan orang lain. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 8 =