5 Tips Atur Keuangan saat Pandemi untuk Mahasiswa dan Pelajar

Diposting pada
atur keuangan pribadi
ilustrasi celengan untuk uang

Blog Ilmu Pendidikan – Banyak semua orang yang sulit mengatur keuangan pribadi. Gaya hidup konsumtif membuat sebagian besar orang mengalami kesulitan finansial. Apalagi di masa pandemi yang serba susah seperti sekarang ini, mengharuskan semua orang paham betapa pentingnya atur keuangan saat pandemi.

Jika orang yang sudah mempunyai tabungan dan terdampak pandemi seperti sekarang ini, tentunya tidak terlalu stres memikirkan mengenai dana darurat sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dibutuhkan cara mengatur keuangan yang benar dan baik untuk menyisihkan gaji maupun penghasilan serta uang saku terkhusus jika kamu masih mahasiswa dan pelajar. Berikut ini Blog Ilmu Pendidikan akan membahas mengenai tips atur keuangan bagi mahasiswa dan pelajar di saat pandemi sekarang ini, disimak baik-baik ya.

Tips Atur Keuangan di Saat Pandemi ala Blog Ilmu Pendidikan

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Mulai dari sekarang catat pengeluaran kamu setiap hari begitupun dengan pemasukanmu juga. Untuk memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Kamu dapat mendownload aplikasi pencatatan kas maupun catatan keuangan di Google Play Store, semua aplikasi tersebut ada yang berbayar dan gratis. Akan tetapi baik gratis dan berbayar biasanya fiturnya tetap tidak banyak perbedaan, terpenting dapat memonitor pencatatan keuangan kamu disaat pandemi.

2. Investasi Saham atau Reksadana

investasi saham dan reksadana
ilustrasi investasi
Jika kamu mempunyai uang, maka jangan dibiarkan saja atau malah dihabiskan untuk belanja barang-barang yang mempunyai nilai depresiasi tinggi dan tidak menghasilkan passive income. Mulailah menabung dengan investasi saham atau reksadana, dikarenakan ini merupakan tips mengenai atur keuangan saat pandemi yang baik untuk dilakukan agar pengeluaran kamu tidak boros. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi investasi resmi yang sudah terdaftar di OJK untuk menginvestasikan tabunganmu. Untuk investasi saham dan reksadana tidak memerlukan dana yang besar sampai jutaan namun dapat dimulai bahkan 100ribu saja untuk investasi saham dan 10 ribu untuk pembelian reksadana.

3. Hindari Utang Konsumtif

Salah satu kenapa keuangan seret dan tidak baik, dikarenakan dengan adanya utang konsumtif. Utang konsumtif merupakan utang yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan yang tidak penting, seperti untuk membeli pakaian dan lain lain. Di masa pandemi yang banyak orang di PHK serta kehilangan pekerjaan, kamu harus menghindari utang konsumtif agar tidak terlilit utang yang akan memberatkan kamu sendiri.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan baik online maupun offline dapat kamu lakukan. Untuk kamu yang pelajar dan mahasiswa dapat mencari pekerjaan sampingan online seperti di media-media freelancer besar yang tersedia baik dari jasa penulisan, desain, pengiklanan, penerjemah, dan lain-lain. Jika pekerjaan offline untuk pelajar dan mahasiswa, kamu dapat mencoba mengajar anak SD dan SMP untuk diajar les private oleh kamu. Mengajar les private juga tentunya akan menambah penghasilan kamu, apalagi di saat pandemi anak SD dan SMP memerlukan bimbingan belajar yang kompeten dan tenaga pengajar selain guru. Manfaatkan peluang ini ya!

5. Atur Pengeluaran Bulanan

Tips terkahir mengenai atur keuangan saat pandemi adalah mengatur pengeluaran bulanan. Dengan mengatur pengeluaran bulanan kamu dapat mengontrol kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus dipenuhi tanpa perlu melakukan tindakan konsumtif yang dapat membuat finansial pribadi membengkak. Maka dari itu mengatur pengeluaran setiap bulannya tentu akan membuat lebih hemat dan finansial kamu lebih tertata.
Begitulah 5 tips atur keuangan saat pandemi untuk mahasiswa dan pelajar. Semua tips yang diberikan tentunya sudah dijalankan oleh penulis dan memberikan dampak yang baik dalam hal finansial, maka dari itu kamu harus mencoba juga agar finansial kamu lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 12 =