5 Pendidikan Karakter dari Buku Kunci Berpikir Positif Ala Napoleon Hill

Diposting pada

 

buku “Kunci Berpikir Positif ala Napoleon Hill”

Blog Ilmu Pendidikan – Buku kunci berpikir positif karya Napoleon Hill & Michael J. Ritt. JR merupakan buku bergenre pengembangan atau pemberdayaan diri. Buku ini sangat digemari oleh para pembaca buku karena banyak pelajaran yang terkandung di dalamnya salah satunya pendidikan karakter mengenai pola pikir. Buku ini diciptakan oleh Napoleon Hil serta temannya Michael J. Ritt. JR adalah berasal dari pengalaman pribadi dalam mengelola hidup agar lebih baik. 

Napoleon berpendapat bahwa dalam mengelola hidup agar lebih baik, semuanya dapat berasal dari sebuah pikiran. Pikiran yang positif adalah sebuah langkah untuk menuju kesehatan, kemakmuran, dan kesuksesan dalam hidup. Karena itulah judul buku tersebut yakni Kunci Berpikir Positif. Dikarenakan Napoleon Hill sudah menekankan bahwa sebuah pikiran yang positif dapat menciptakan sebuah hal yang dahsyat dalam kesuksesan. 

5 Pendidikan Karakter Buku Kunci Berpikir Positif ala Napoleon Hill

1. Memahami Penanganan Masalah

Buku tersebut didalam isinya juga mengajarkan mengenai pemahaman akan menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Banyak orang yang gagal menangani masalah dengan baik, bahkan sampai ada yang menyalahkan keadaan dan orang terdekat serta sampai putus asa. Nah didalam isi buku ini banyak pelajaran mengenai cara penanganan masalah yang baik dan benar sesuai prinsip pikiran positif.

2. Melihat Sudut Pandang Berbeda

Salah satu keunggulan buku ini adalah mengajarkan mengenai melihat sesuatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Melihat dengan sudut pandang berbeda disini, berarti melihat sesuatu hal dengan cara pandang positif dan selalu mengedepankan prasangka baik. Di agama sekalipun beprasangka baik harus dilakukan dalam segala hal baik dengan orang maupun kepada Tuhan YME.

3. Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Banyak pepatah mengatakan ” Memang Setiap Hari Tidak Selalu Baik, Tapi Selalu Ada Kebaikan Disetiap Harinya ” nah sesuai kata-kata itu, didalam isi buku Kunci Berpikir Positif ala Napoleon Hill juga mengajarkan mengenai melihat hikmah dari setiap cobaan dan ujian yang ada. Dengan adanya ujian serta masalah yang menimpa kamu misalnya, kamu dapat mengambil sebuah pelajaran yang berharga dalam melangkah kedepan. 

4. Pantang Menyerah dalam Segala Hal

Buku tersebut juga menjelaskan bahwa setelah melakukan cara pandang positif, mengambil hikmah yang ada dari segala cobaan dan masalah maka kamu juga harus selalu pantang menyerah. Kunci kesuksesana dalah selalu berpikir positif dan berusaha secara terus menerus serta selalu optimis apapun rintangan yang mencoba menghalangi kamu dalam usaha. Kamu harus berani dan mampu untuk melewatinya.

5. Selalu Libatkan Doa

Walaupun buku ini tidak menyebutkan untuk agama yang spesifik. Akan tetapi dalam setiap agama yang ada dimuka bumi ini pastinya mengajarkan hal-hal baik dan berdoa untuk memohon bantuan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah melakukan pikiran yang positif, optimis, dan pantang menyerah yakni harus melibatkan doa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Buku tersebut mengajarkan bahwa apapun yang sudah diusahakan hal terakhir yang harus dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan. 
Begitulah 5 pendidikan karakter yang dapat kamu pahami di dalam buku Kunci Berpikir Positif ala Napoleoon Hill. Memang buku ini menjadi buku best seller dan banyak diminati oleh para pembaca dan penggemar buku, dikarenakan isinya sudah banyak mengubah ratusan ribu orang yang menjadi pribadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 11 =