5 Aplikasi Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19 untuk Pelajar SD SMP & SMA

Diposting pada
aplikasi belajar online

Blog Ilmu Pendidikan – Aplikasi belajar online untuk saat ini sangat dibutuhkan oleh para pelajar untuk memperdalam materi yang telah diajarkan oleh guru saat pembelajaran jarak jauh. Banyak orang tua yang menilai kurang efektif dan materi yang disampaikan banyak yang dapat dipahami oleh anak-anaknya.

Ada beberapa aplikasi belajar online baik yang berbayar sampai yang gratis untuk menunjang pembelajaran di sekolah agar pendalaman materi lebih bisa dipahami dengan baik, dengan adanya pembelajaran tambahan atau tutor yang dapat dimintai bantuan untuk menjelaskan materi yang tidak paham. Dibawah ini akan dibahas mengenai aplikasi belajar online untuk kamu para pelajar.

5 Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik 

1. Zenius

Zenius menjadi aplikasi pembelajaran online di urutan pertama. Alasan zenius ditempatkan diurutan pertama karena sekarang ini aplikasi pembelajaran online zenius dapat diakses dengan gratis, yang sangat bermanfaat untuk para pelajar dalam memahami materi. Walaupun ada fitur berbayar yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal seperti para pesaingnya. Zenius sendiri berdiri ditahun 2007 yang dimana menjadi startup yang sudah lama dibanding beberapa startup terkenal di Indonesia. 

2. Ruangguru

Aplikasi belajar online urutan kedua ditempati oleh Ruangguru yang menjadi perusahaan startup dalam bidang teknologi pembelajaran. Kesuksesan Ruangguru dalam kancah aplikasi pembelajaran online ini karena dari segi user interface juga mudah digunakan, jadi untuk para pelajar tidak akan kesulitan mengoperasikannya. Tak hanya itu saja aplikasinya juga ada sistem reward bagi siapa saja yang dapat menyelesaikan tugas dan misi yang baik. Namun kesuksesan ruangguru juga tidak lepas dari gencarnya iklan dan promosi melalui kanal online dan televisi disamping manfaat yang diberikan. Ruangguru sendiri berdiri pada tahun 2014.

3. Quipper

Quipper merupakan startup pendidikan aplikasi belajar online yang berasal dari Inggris, London. Quipper berdiri pada tahun 2010. Dahulu quipper ini menjadi pesaing zenius yang sudah berdiri sebelum Quipper ini masuk ke Indonesia. Sempat booming banyak di sekolah-sekolah Indonesia karena menjalin kerjasama dengan akses fitur gratis serta kode kupon potongan, menjadikan Quipper pernah menempati urutan aplikasi pembelajaran online teratas di Indonesia. Namun saat ini Quipper kalah pamor dengan Zenius dan Ruangguru.  Namun asal Quipper sendiri dari luar negeri, aplikasi belajar online ini sudah berdiri di empat negara seperti Filipina, Jepang, Indonesia, dan Meksiko.

4. Kelas Pintar

Kelas Pintar menempati urutan keempat dalam aplikasi belajar online terbaik. Dari segi aplikasi dan web, Kelas Pintar ini user friendly dan mudah dioperasikan oleh para pelajar baik tingkat dasar sekalipun. Tutor yang ada di Kelas Pintar juga sangat responsif dan ramah, maka setiap pembelajaran yang dinilai kurang paham. Pelajar dapat menanyakan langsung lewat tutor yang ada agar dapat dibantu. Maka dari itu Kelas Pintar menjadi solusi untuk belajar online di masa pandemi Covid-19 ini, walaupun aplikasi belajar online ini termasuk ke dalam berbayar juga.

5. Rumah Belajar

Rumah Belajar ini menjadi aplikasi pembelajaran online yang dapat kamu coba. Rumah Belajar ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) yang menyediakan pembelajaran gratis untuk para peserta didik PAUD, SD, SMP, dan SMA dalam masa pandemi Covid-19 ini. Rupanya Rumah Belajar digemari oleh para pelajar karena gratis dan mudah diakses untuk pembelajaran, terobosan Kemendikbud ini cukup efektif dalam membantu proses pembelajaran yang baik menggunakan teknologi. Saat ini ada 273.509 guru dan 666.708 siswa dari semua kalangan saat dikutip dari laman belajar.kemdikbud.go.id.
Tentunya untuk memaksimalkan waktu luang yang ada, apalagi pembelajaran saat ini dilaksanakan secara jarak jauh. Aplikasi belajar online dinilai efektif membantu kekurangan pemahaman materi para pelajar yang diajarkan oleh para guru. Maka dengan adanya aplikasi pembelajaran online disambut baik oleh para pelajar. Dibawah ini juga akan disediakan beberapa situs yang dapat kamu kunjungi untuk mencari materi-materi.

3 Situs Baca Buku Gratis dan Jurnal Maupun Materi

Setelah mengetahui aplikasi belajar online yang dapat kamu gunakan dan pilih, maka tentunya pasti ada situs baca buku gratis dan menyediakan jurnal maupun materi untuk belajar. Berikut ini beberapa nama situs yang dapat kamu kunjungi.

1. iPusnas

Perpustakaan milik pemerintah ini juga menyediakan versi onlinenya. iPusnas menyediakan beberapa buku yang dapat kamu baca untuk menambah materi umum atau sekedar membaca novel untuk menambah koleksi bacaanmu. Apalagi iPusnas juga sering menyediakan berbagai buku pembelajaran versi ebook yang dapat gunakan sebagai acuan materi atau menambah pemahaman materi kamu. iPusnas ini juga legal, karena dimiliki oleh pemerintah maka dari itu setiap orang berhak mendownload dan membaca buku di iPusnas tanpa dipungut biaya sedikitpun.

2. Academia Edu

Academia juga menjadi tempat mencari buku gratis dan literatur baik materi dan artikel serta makalah yang dapat digunakan sebagai referensi para pelajar atau mahasiswa sekalipun. Academia sendiri menyediakan fitur gratis jika kamu ingin mendownload materi yang diinginkan. Maka dari itu kamu dapat manfaatkan Academia untuk mencari materi dan literatur maupun buku yang kamu butuhkan karea Academia juga cukup lengkap teman.

3. Scribd

Scribd memang menjadi tempat yang cukup lengkap untuk mencari buku-buku bagus, resume materi, makalah, dan artikel-artikel yang kamu butuhkan ada disini. Namun untuk mendownload gratis kamu dibatasi oleh pihak Scribd sendiri dengan syarat kamu juga harus mengupload beberapa literatur yang tidak sedikit untuk unlock poin kredit dalam fitur gratis. Namun jika kamu menginginkan fitur yang premium dan bebas download kapan saja dan apa saja yang kamu butuhkan, kamu dapat mencoba trial selama 30 hari jika dirasa sangat cocok, kamu dapat melanjutkan premium lagi. Karena Scribd ini dinilai menjadi tempatnya para pelajar dan mahasiswa dalam mencari ebook dan beberapa literatur.
Demikian pembahasan mengenai situs baca buku gratis yang dapat kamu manfaatkan sebagai tambahan proses pembelajaran dan acuan dalam mencari materi. Baik pelajar dan mahasiswa situs baca buku gratis, jurnal, dan makalah yang dapat diakses tanpa biaya juga sangat dibutuhkan. Walaupun berbayar sekalipun asalkan biayanya cukup terjangkau pasti mahasiswa dan pelajar juga membutuhkan guna memperdalam belajar serta membantu menjadi rumusan tugas.
Dengan begitu kamu sudah mengetahui mengenai 5 aplikasi belajar online dan 3 situs baca buku gratis yang mungkin kamu butuhkan disaat masa pandemi Covid-19 ini. Semangat belajar teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − nine =