Tips Sukses Jualan di Facebook dan Instagram dan Cara Riset Pasar Online

Diposting pada
jualan di facebook dan instagram
icon sosial media

Blog Ilmu Pendidikan – Facebook dan Instagram menjadi sosial media yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Facebook saat ini menempati peringkat satu pengguna terbanyak dan disusul oleh Instagram yang menempati peringkat kedua. Kesuksesan Facebook berada di puncak kasta tertinggi sosial media, tak lepas dari perannya yang digunakan sebagai media jualan orang-orang. Kemudian saat Instagram di akuisisi oleh Facebook, Instagram pun menyusul Facebook yang dapat dijadikan sebagai tempat jualan yang sangat berpotensial.

Banyak pebisnis yang sukses tak hanya berjualan melalui marketplace saja, akan tetapi berjualan melalui Facebook dan Instagram juga. Memanfaatkan fitur-fitur yang ada dan mengoptimalkan tampilan toko online baik di Facbeook maupun Instagram sangat berpengaruh terhadap kesuksesan berjualan di dua sosial media terbesar itu. Jika kamu sendiri sedang membangun usaha dan mencoba berjualan produk baik jasa maupun fisik, tak ada salahnya mulai memposting jualan dan membuat toko online baik di Facebook maupun Instagram. 
Namun sebelum mencoba berjualan kamu harus mengetahui tips dan apa saja yang penting untuk sukses jualan di Facebook dan Instagram. Nah simak penjelasan berikut ini dengan baik-baik ya teman.

Tips Sukses Jualan Online di Facebook dan Instagram

1. Riset Pasar

Sebelum mulai berjualan ada baiknya kamu melakukan riset terdahulu mengenai produk yang ingin kamu jual di Facebook dan Instagram. Lakukanlah riset secara mendalam dan catat hasil riset tersebut sebagai pertimbangan untuk tetap memilih produk tersebut atau memilih solusi ganti produk yang diminati oleh pasaran. Banyak orang berjualan yang gagal, dikarenakan tidak melakukan riset dahulu atau sekedarnya saja untuk jualan yang penting untung, akan tetapi jualan juga harus membutuhkan riset sebagai bahan acuan dan menjadi hal utama dalam menjalankan bisnis.

2. Buat Toko Online

Hal yang kedua ini adalah membuat toko online kamu. Untuk di Instagram sendiri buatlah akun bisnis dan berikan nama serta logo sesuai toko online kamu. Untuk Facebook kamu dapat memanfaatkan fanspage serta membuat akun jualan kamu. Setelah membuat toko online, kamu wajib memposting produk-produk yang kamu jual dengan syarat feed jualan kamu harus menarik. Karena feed postingan yang menarik akan mendatangkan pelanggan walaupun belum tentu membeli, akan tetapi menarik minat pelanggan lebih banyak akan memberikan peluang yang besar barang jualan kamu dapat laku dan dibeli oleh pelanggan. Maka dari itu desainlah feed psotingan kamu semenarik mungkin, agar mengindikasikan toko kamu merupakan toko professional.

3. Manfaatkan Facebook Ads dan Instagram Ads

Fitur pengiklanan dari Facebook ini sangat menunjang penjualan loh teman. Admin sendiri berjualan produk juga memanfaatkan fitur pengiklanan dari Facebook ini. Pasalnya fitur ini pun dapat dikontrol melalui Facebook Ad Manager walaupun kamu ingin mengiklankan produk di IG, kamu dapat mengontrol juga melalui halaman ad manager Facebook. Cukup dengan 14.000 rupiah, kamu sudah dapat mengiklankan produk kamu agar mendapatkan penjualan produk. Namun, saat membuat iklan usahakan melakukan riset keyword atau kata kunci potensial dahulu, agar biaya iklan kamu tidak boncos atau merugi. Maka dari itu kamu harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, dan mematuhi Term Of Servis dari Facebook agar iklan kamu tidak diblokir.

4. Paid Promote/Endorse

Pasti kamu sudah kenal apa itu paid promote dan endorse kan? Nah kamu dapat memanfaatkan jasa paid promote dan endorse ini teman. Paid promote dan endorse sendiri biasanya dilakukan di Instagram melalui selebgram dan akun-akun publik. Jika di Facebook sendiri paid promote biasanya dilakukan dengan membayar biaya dengan admin grup maupun fanspage. Biaya paid promote sendiri banyak variasinya tergantung seberapa followers dan insight yang didapat. Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan paid promote adalah menanyakan insight dari akun PP/Endorse, jika insight akun kecil namun followers banyak. Sudah dipastikan akun tersebut merupakan akun yang disuntik followers. Akan tetapi jika insight akun bagus, maka sudah dipastikan akun itu dibangun menggunakan followers organik atau asli.
Kemudian setelah mengenal bagaimana memaksimalkan jualan di Facebook dan Instagram. Yang harus kamu lakukan setelahnya adalah melakukan riset pasar online. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.
cara riset toko online

Cara Riset Pasar Online untuk Pemula

1. Amati Produk Sejenis

Cara melakukan riset yang pertama adalah menganalisis bagaimana toko online yang lain saat menjual produk yang sama. Apakah respon pelanggan baik atau sepi, kamu dapat melihatnya di postingan banyak yang menawar tidak atau sekedar menyukai produk. Jika respon pelanggan banyak dan baik, kamu dapat memilih produk itu akan tetapi harus menonjolkan value yang lain, agar kamu dapat memasuki pasar produk itu dan berhasil dalam berjualan produk tersebut.

2. Lakukan Pre-order

Fungsi dari pre-order tidak hanya mendatangkan keuntungan saja. Akan tetapi juga dilakukan untuk melakukan riset bagaimana peminat produk yang dijual. Kamu dapat mulai mengiklankan produk yang ingin dijual dan melakukan pre-order dengan sistem dp dahulu, agar saat barang datang pelanggan dapat bertanggung jawab. Disaat iklan pre-order barang banyak yang tertarik dan melakukan dp, maka berarti produk yang kamu jual laku dan banyak yang minat. Biasanya produk yang laku pre-order di pasaran menurut riset admin sendiri adalah produk pakaian, makanan cepat saji, skincare dan kosmetik. 
Demikian bahasan singkat mengenai tips sukses jualan di Facebook dan Instagram serta bagaimana cara melakukan riset pasar online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 14 =