Tips Belajar di Masa Pandemi Covid-19 bagi Pelajar dan Mahasiswa dalam Melatih Skill dan Ilmu Pengetahuan

Diposting pada
belajar efektif saat pandemi

Blog Ilmu Pendidikan – Belajar adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan skill yang sangat berguna untuk masa depan. Perlu diketahui saat, diri sendiri bermalas-malasan dan tidak berjalan maju, diluaran sana banyak orang-orang yang bekerja keras dan melatih skill serta ilmu pengetahuannya yang sangat berguna untuk terus melangkah dalam menggapai kesuksesan. Maka dari itu sobat harus tekun belajar dan mengasah skill yang ada, tidak peduli seberapa berat dan sering mengasah skill yang ada.

Apalagi kondisi disaat pandemi ini tentunya para pelajar dan mahasiswa mempunyai waktu yang luang. Waktu luang itu dapat digunakan untuk melatih skill sesuai minat dan ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diampu di sekolahan maupun di perkuliahan. Karena jika usia muda sudah sering melatih skill yang dipunyai dan ilmu pengetahuan, maka itu akan menjadi sebuah keahlian. Dikarenakan sesuatu yang diasah secara terus-menerus akan melekat didalam otak dan tidak akan mudah untuk lupa terhadap apa yang sudah diasah tadi.

Nah kali ini akan membahas mengenai tips belajar di masa pandemi covid-19 bagi pelajar dan mahasiswa untuk melatih skill dan pengetahuan karena banyak waktu luang yang harus dimanfaatkan daripada terbuang sia-siang seperti bermain video game terlalu over atau bermalas-malasan. Berikut ini tips yang dapat kamu lakukan, diantara lain:

Perbanyak Baca Buku

Sesuai kata pepatah,”Perbanyak Membaca Buku, Karena Buku Adalah Jendela Dunia” perkataan pepatah itu memang benar adanya. Banyak orang-orang sukses yang sering menghabiskan waktu luang untuk membaca buku-buku pemberdayaan diri. Karena buku menjadi sumber pengatahuan yang dapat kamu ambil isi dari buku itu dan diterapkan dalam kehidupan kamu. Cobalah mulai membaca buku secara rutin minimal 2-3 lembar perhari, lakukan secara terus menerus sampai itu menjadi sebuah kebiasaan yang terus dilakukan. Dan rasakan sebuah makna dari buku-buku yang sudah pernah kamu baca.”

Ikuti Seminar

Mengikuti seminar di masa pandemi Covid-19 ini semuanya dilakukan secara daring atau online. Momen ini dapat kamu manfaatkan untuk melatih ilmu pengetahuan untuk mengasah skillmu sobat. Pasalnya sebagian besar seminar yang diadakan itu gratis tanpa dipungut biaya sepeserpen baik dari universitas-universitas, lembaga sekolah, lembaga pemerintah, dan perseorangan. Nah manfaatkanlah ini untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, mumpung seminar-seminar dengan sejauh apapun jarak dapat diakses melalui gadget kamu.

Ikuti Sertifikasi

Untuk para mahasiswa apalagi yang sudah semester tua, sertifikasi ini menjadi sangat penting untuk penambah skill dan wawasan yang dapat dimasukkan kedalam CV dikarenakan akan mendapat gelar non akademik dari lembaga sertifikasi tersebut juga mendapat sertifikat gelar. Banyak lembaga sertifikasi yang beralih via daring dengan tatap muka melalui zoom, tak hanya itu saja biaya sertifikasinya pun sebagian besar juga murah dan diskonnya sangat besar, dikarenakan semua orang terdampak pandemi menjadi penyebab murahnya sertifikasi itu sendiri. Walaupun biaya sertifikasinya sudah turun banyak sekali atau dengan kata lain diskon besar, namun ilmu yang didapat juga tidak berkurang. Pasalnya para lembaga sertifikasi juga akan tetap menguji para peserta dengan online test, untuk memastikan ilmu yang dipaparkan dapat terserap dengan baik. Bahkan Google sekalipun juga mengadakan sertifikasi online gratis juga loh. Maka dari itu untuk mahasiswa dapat mengikuti sertifikasi-sertifikasi secara online sesuai bidang yang diampu, pelajar juga dapat ikut juga kok untuk melatih skill dan pengalaman sedini mungkin yang nantinya sangat berguna bagi kamu sendiri.

Ikuti Online Course

Berbeda dengan sertifikasi, online course atau kursus online adalah pelatihan skill via daring atau video. Banyak lembaga-lembaga online course yang berbayar bahkan gratis sekalipun. Online course ini juga dapat ditampilkan dalam CV loh sobat. Tak hanya itu saja ilmu yang didapat dari online course ini juga sangat berguna untuk melatih skill kamu. Mulailah gunakan waktu yang ada untuk mengikuti online course yang ada di internet. Kamu dapat mencoba platform udemy yang banyak menyediakan online course gratis namun sebagian besar bahasa Inggirs, jika ingin berbahasa Indonesia kamu dapat mencoba platform Skill Academy namun berbayar dan beberapa course yang disediakan cukup menguras kantong bagi pelajar dan mahasiswa.

Perbanyak Tontonan Bermanfaat

Banyak tontonan-tontonan yang bermanfaat yang mengajarkan skill-skill gratis di Youtube. Banyak orang-orang sukses membagikan tips bagaimana cara meraih kesuksesan, membagikan sebuah motivasi, dan bagaimana pelajaran hidup setelah beberapa kali mengalami kegagalan. Nah semua itu dapat kita manfaatkan dan ambil sisi positifnya untuk diterapkan didalam hidup kamu. Pelajari kegagalan dari orang-orang sukses itu, agar kita tidak jatuh kedalam lubang yang sama saat dilakukan oleh orang-orang sukses yang membagikan ilmunya di platform Youtube. Semakin banyak menonton tontonan yang positif, maka energi dan vibrasi yang ditimbulkan juga akan positif yang nantinya akan menambah semangat kamu dalam melatih skill dan ilmu pengetahuan agar sukses kedepannya.

Semakin banyak kamu melatih skill yang ada, maka kamu akan selangkah didepan dari teman-teman kamu. Buatlah planning setiap hari untuk beberapa hal yang harus dikerjakan setiap harinya, mulai bangun tidur sampai ingin tidur. Karena banyak orang sukses sendiri salah satunya CEO dan Founder Tesla yaitu Elon Musk melalukan hal itu, yakni membuat perencanaan pekerjaan yang harus dilakukan setiap harinya. Buatlah perencanaan itu saat kamu ingin tidur sobat, agar saat bangun tidur kamu sudah siap untuk menjalankan aktivitas sesuai perencanaan yang sudah dibuat saat malam hari.

Banyak tokoh-tokoh besar sudha mengajarkan untuk menggunakan waktu luang untuk belajar melatih skill. Memang di sekolah formal pelatihan skill-skill dari siswa didik memang kurang optimal. Namun, sobat dapat mencari ilmu-ilmu diluar sekolah untuk melatih skill kamu dan ilmu pengetahuan kamu. Sehingga ilmu yang didapat tidak hanya sebatas di sekolah formal saja, akan tetapi lebih kompleks dan tentunya akan menambah wawasan kamu dengan lebih luas lagi.

Nah begitulah tips belajar di masa pandemi covid-19 bagi pelajar dan mahasiswa dari cahkendalblog.my.id yang dapat dijalankan untuk mebgisi waktu luang, sehingga waktu luang yang ada tidak terbuang sia-sia dan dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Agar saat sudah memasuki usia dewasa, tidak mengalami penyesalan dan tentunya dapat meraih kesuksesan demi kehidupan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =