Review Buku Istana Kaca, Pelajaran Berharga untuk Seorang Anak dari Keluarga Broken Home

Diposting pada

 

buku istana kaca karya Jeannette Walls

Blog Ilmu Pendidikan – Buku Istana Kaca adalah versi terjemahan dari buku asli yang berjudul The Glass Castle karya dari Jeannette Walls. Jeannette sendiri adalah seorang penulis terkenal yang sudah mengeluarkan banyak buku bermanfaat dengan latar hidupnya saat dulu kecil sampai sesukses sekarang ini. Didalam buku Istana Kaca ini, Jeannette Walls menceritakan kisah hidupnya dimasa kecil yang nomaden atau sering berpindah-pindah dan banyak masalah didalam kehidupannya. Maka dari itu di sinopsisnya dituliskan seorang gadis kecil yang sukses berasal dari keluarga yang berantakan. Nah buku ini akan mengajarkan suatu pembelajaran yang berharga untuk anak broken home, agar tetap melanjutkan perjuangannya dan tentunya selalu kuat serta tabah.

Singkatnya buku ini berisikan kisah hidup Jeannette Walls dari kecil hingga sukses. Pada waktu kecil sendiri Jeannette Walls juga mengalami banyak masalah mulai dari lingkungan yang tidak mendukung, cara mendidik orang tua kurang baik, dan mengalami keluarga yang broken home. Namun Jeannete Walls sudah terbiasa mandiri sedari kecil, hingga sampai sukses seperti sekarang ini. Walaupun dulu berasal dari keluarga yang dapat dibilang sangat-sangat berantakan dan tidak mendukung untuk dirinya agar sukses.

Pelajaran yang dapat diambil dari Buku Istana Kaca karya Jeannette Walls

Disini akan dibahas mengenai pelajaran apa saja yang akan didapatkan kamu ketika membaca buku Istana Kaca ini, terutama bagi kamu yang berasal dari keluarga broken home. Buku ini akan mengajarkan sebuah mindset dan optimisme dalam berjuang menuju jalan kesuksesan, sekalipun dari keluarga yang berantakan.

1. Kemandirian

Jeannette Walls sendiri sudah terlatih mandiri sejak kecil. Banyak rintangan yang menutut dia untuk selalu mandiri di segala situasi. Bayangkan saja disaat umur anak-anak sampai ia sukses hal kemandirian itulah yang mendorong seorang Jeannette selalu bergerak kedepan tanpa memperdulikan orang lain. Kemandirian Jeannette Walls dijelaskan juga saat ia menempuh bangku menengah pertama, menengah atas dan universitas, ia mampu membiayai biaya pendidikannya sendiri dan bekerja dibeberapa tempat. Nah bahasan buku Istana Kaca mengajarkan mengenai hal kemandirian itu yang dilakukan oleh Jeannette Walls pada masa waktu dulu.

2. Pantang Menyerah

Orang yang sukses pasti adalah orang yang pantang menyerah. Jeannette Walls ketika waktu muda mendapatkan pelecehan dari teman sebayanya, lingkungannya baik lingkup tetangga dan keluarga sekalipun. Namun seorang Jeannette tidak pernah menyerah walaupun rintangan menghadang didepan, dengan menunggu untuk dilewati sampai akhirnya mencapai puncak kesuksesan. Didalam bukunya Istana Kaca akan dijelaskan mengenai kisah perjuangannya yang sungguh mengharukan dan sangat bermakna sekali, dan disitulah pembelajaran mengenai pantang menyerah dalam setiap keadaan akan kamu dapatkan.

3. Mudah Beradaptasi

Dikarenakan Jeannette Walls dan keluarganya hidup secara berpindah-pindah dikarenakan mengalami bangkrut dan kasus tindak pidana juga. Maka ia dan keluarga hidup secara nomaden dan menuntut untuk mudah beradaptasi di segala situasi di lingkungan baru yang ada. Waktu kecil Jeannette Walls berpindah sekolah, beberapa teman dikelas banyak yang membuli, mencemooh, bahkan melakukan kekerasan dikarenakan tubuh Jeannette Walls yang kurus kering. Namun hal yang perlu dipelajari adalah walaupun Jeannette Walls dibully oleh teman-temannya di lingkungan barunya mulai dari lingkungan tetangga dan lingkungan sekolah juga. Jeannette tetap mudah beradaptasi dan tidak minder bahkan takut dengan keadaan. Maka dari itu kamu dapat mempelajari bagaimana seorang Jeannette Walls dapat beradaptasi dengan baik disegala situasi.
Untuk singkatnya pelajaran berharga yang akan kamu dapatkan dari buku Istana Kaca paling ngena di pikiran dan perasaan adalah tiga hal diatas. Namun kamu dapat membaca bukunya langsung agar proses pembelajaran dapat terserap dengan baik. Kamu dapat mencoba untuk memilih buku original bahasa Inggris dengan judul The Glass Castle jika menginginkan bahasa Inggris sekalian dapat belajar bahasa Inggris juga.
Namun, jika kamu hanya ingin membaca versi bahasa Indonesianya dikarenakan bahasa Inggris kurang lancar. Akan tetapi, hal yang perlu digaris bawahi jika kamu memilih versi terjemahannya adalah banyaknya kata yang susah dimengerti dan bahkan typo, maka dari itu versi original dengan bahasa Inggris lebih baik dibandingkan versi terjemahannya.
Nah itulah review singkat buku Istana Kaca dan pelajaran berharga yang didapat untuk seorang anak yang baik dari keluarga broken home.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 2 =