Belajar Bisnis Kecil-kecilan yang Menjanjikan Modal Sedikit untuk Pelajar dan Mahasiswa

Diposting pada
bisnis kecil-kecilan modal kecil

Blog Ilmu Pendidikan – Belajar bisnis memang diharuskan sedini mungkin, agar mental dan pengalaman dapat terasah seiring berjalannya waktu. Karena orang-orang yang sukses sebagian besar adalah pengusaha yang mulai dari usia yang sangat muda. Alasan menjalankan bisnis di usia muda adalah untuk menghabiskan jatah gagal. Pasalnya orang-orang yang sukses mengalami gagal yang sangat banyak. Walaupun begitu para pengusaha yang sukses itu tidak patah semangat dan tetap bekerja keras.

Maka dari itu selagi umur masih muda, dapat mendirikan usaha sebagai penambah pengalaman, melatih skill, dan mencari uang saku sendiri. Hasil penjualan dari bisnis kecil-kecilan yang dijalankan dapat ditabung, atau dialihkan ke investasi juga. Agar mendapatkan passive income sebagai pendukung penghasilan yang lain. Maka dari itu jangan ragu untuk memulai usaha walaupun dengan modal kecil.

Nah disini akan dibahas mengenai usaha kecil yang menjanjikan untuk dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa. Banyak peluang usaha yang belum banyak pesaing, asalkan pintar dalam mencari peluang dan pangsa pasar. Berikut ini merupakan contoh usaha kecil kecilan dengan usaha sampingan di rumah, di masa pandemi Covid-19 ini.

Usaha Makanan

Untuk memulai usaha makanan, maka tidak perlu modal yang cukup besar saat dijalankan dirumah kok. Kamu bisa memulai usaha makanan dengan membuat makanan camilan, minuman yang lagi trend, atau kue dan roti juga. Dengan modal 100 ribu rupiah saja, kamu sudah dapat berbinis makanan di rumah dengan sistem PO ataupun dititipkan ke warung. Kamu dapat mencoba dengan salah satu menu dessert yang unik, camilan makaroni, es lilin dengan rasa yang menarik, dsbnya. Bahkan makanan lotek dengan hanya kedongdong dan sambal saja, dijual 10 ribu rupiah juga laris lo di Facebook. Maka dari itu sebenarnya banyak peluang usaha makanan di masa pandemi ini, dikarenakan orang lebih memilih dirumah dan condong mencari makanan yang dapat diantarkan langsung kerumah.

Usaha Jasa

Untuk memulai usaha jasa, memang dibutuhkan skill sesuai bidang jasa yang ditawarkan. Tapi tak usah ragu dengan skill yang pas-pasan sobat. Coba kamu tawarkan saja dibeberapa platform marketplace penyedia jasa, dengan contoh jasa penulisan artikel, jasa penerjemah, jasa entry data, jasa design web, jasa promosi, dan jasa vektor serta masih banyak lagi. Maka cobalah saja yang sesuai passion serta minat kamu, tak usah minder dengan skill yang pas-pasan asalkan berani mencoba nanti pasti ada orderan jasa yang masuk. Nah pengalaman admin disini memiliki usaha jasa penulisan artikel dan sudah menjadi penambah uang saku.

Usaha Souvenir

Usaha souvenir juga menjanjikan lo sobat. Kamu bisa usaha souvenir pernikahan, ulang tahun, kado wisuda dll. Tak perlu bingung jika tidak punya alat-alat untuk pembuatan souvenir. Kamu dapat memanfaatkan dropship dari usaha orang lain, sebagai contoh si A memiliki usaha souvenir dan si B menawarkan usaha souvenir untuk pernikahan, ulang tahu, wisuda dsb kepada orang-orang. Dan orderan pun banyak masuk ke si B, karena si B tidak punya alat-alat untuk usaha souvenir, maka dari itu si B melimpahkan pesanan tadi ke si A yang memiliki usaha souvenir. Namun, si B sudah mengambil untung dari orderan yang masuk saat orang-orang memilih usahanya. Nah maka dari itu kamu dapat memanfaatkan sistem dropship juga loh, pasalnya dropship sendiri tidak membutuhkan biaya modal yang besar. Cukup bermodalkan kuota internet dan relasi, maka kamu sudah dapat memulai usaha ini.

Usaha Affiliate

Affiliate atau affiliasi adalah sistem usaha yang dilakukan dengan memasarkan produk dari orang lain, namun akan diberi komisi sesuai nominal yang diberikan dalam setiap produk yang dipasarkan dan berhasil terjual. Biasanya produk affiliasi ini berupa produk digital sobat, dapat berupa e-book, kursus, atau produk jasa. Rate dari produk affiliasi mulai dari 5% sampai 30% sekali terjual loh, lumayan bukan? Bayangkan saja jika kamu dapat menjualkan produk affiliasi dengan harga 200 ribu rupiah dengan komisi affiliasi 10%, maka penghasilan kamu untuk sekali produk yang terjual adalah 20 ribu rupiah. Nah jika kamu berhasil menjual produk affiliasi sebanyak 50 penjualan. Maka 20 ribu X 50 = 1 juta rupiah, Wow! keren sekali bukan. Jika kamu usaha affiliasi, kamu dapat memanfaatkan instagram ads, facebook ads, dan google ads agar mendatangkan leads yang menarik minat konsumen.

cara Mengembangkan Usaha

Disaat seseorang yang sudah menjalankan usaha, maka mau tidak mau harus mengembangkan usaha agar usaha tersebut selalu berjalan dan tidak mengalami kemunduran bahkan bangkrut atau gulung tikar. Berikut ini tips cara mengembangkan usaha, diantara lain:

Berinovasi

Melakukan inovasi secara terus menerus adalah kunci usaha dapat bersaing dan tetap berjalan. Kegagalan usaha biasanya terjadi karena pemilik usaha tidak mau melakukan inovasi, dan mengalami stuck ditempat yang sama. Kondisi inilah yang menyebabkan suatu usaha sulit berkembang bahkan gagal maju.

Ciptakan Perbedaan

Usaha yang berkembang pesat adalah usaha yang mempunyai nilai khas yang unik dan tidak banyak yang menyamai bahkan tidak ada sekalipun yang menyamai, walaupun kedepannya akan dijiplak oleh pesaing. Namun, usaha yang sukses memang usaha yang mempunyai suatu perbedaan, atau mempunyai ciri khas tertentu sehingga membuat para konsumen tertarik dan memilih usaha yang dijalankan. Jika ada pesaing yang menjiplak maka ciptakan perbedaan lagi sampai pesaing itu akan merasa tidak dapat mengejar bahkan menjiplak usaha kamu lagi.

Gencar Promosi

Nah promosi juga penting. Untuk usaha yang baru dibangun memang diharuskan gencar berpomosi baik secara online maupun offline agar bisnis yang kamu bangun dapat diketahui oleh banyak orang dan mendatangkan ketertarikan dari pelanggan. Bahkan sekalipun usaha yang sudah maju, juga pasti gencar melakukan promosi secara terus menerus dikarenakan promosi menjadi hal utama yang harus dilakukan serta masuk kedalam faktor kesuksesan usaha yang dibangun.

cara memulai usaha

Cara Memulai Usaha

Sebelum mendirikan usaha, pastinya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha baru. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan untuk dipersipakan sebelum membangun usaha.

Menentukan Jenis Usaha

Sebelum memulai usaha memang seharusnya untuk menentukan jenis usaha yang akan dibangun. Mislanya usaha makanan, minuman, jasa bahkan produk digital sekalipun. Menentukan jenis usaha akan memudahkan kamu dalam membangun bisnis yang sesuai minat. Agar jika bisnis sudah berjalan, kamu akan merasa sungguh-sungguh dan tidak merasa salah emmilih bisnis.

Menganalisis Pasar

Sebelum mendirikan usaha, maka kamu harus menganalisis pasar. Menganalisis pasar adalah mencari tahu mengenai seberapa besar minat pelanggan terhadap jenis-jenis produk yang sudah dikeluarkan oleh pesaing. Jika peminatnya banyak, kamu dapat memembuat produk sejenis dengan ciri khas tertentu agar dapat menarik pelanggan yang ada.

Siapkan Modal

Sebagai pelajar dan mahasiswa dalam membangun bisnis, modal yang dikeluarkan tidak perlu besar.Kamu dapat memulai bisnis dengan modal kecil, asalkan modal sudah dihitung sebaik mungkin sesuai target produk yang akan dihasilkan. Perlu diketahui bahwa usaha yang bagus adalah usaha yang bermodal sekecil mungkin dengan untung yang maksimal, akan tetapi margin keuntungan jangan terlalu besar. Sewajarnya saja asalkan profit dari modal sudah cukup dan sesuai dengan usaha yang kamu jalankan.

Tentukan Target

Menentukan target dalam usaha yakni target yang nantinya akan menjadi sasaran produk yang dibuat. Kamu dapat menentukan target berdasar umur, jenis kelamin, wilayah maupun tempat. Semakin spesifik target yang akan menjadi tujuan target produk, maka semakin baik pula. Dikarenakan promosi dan target audiens lebih spesifik dan tertarget, dibanding tidak ada target konsumen sekalipun.

Demikian pembahasan bisnis peluang usaha dengan modal kecil beserta tips-tips yang dapat kamu persipakan sebelum memulai usaha kecil-kecilan dirumah saat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =