7 Sekolah Kedinasan Favorit yang Menjadi Alternatif Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta

Diposting pada

 

sekolah kedinasan favorit
Abdi Praja Street/Wikipedia

Blog Ilmu Pendidikan – Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang banyak di didam-idamkan oleh para pelajar yang sudah menempuh Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan dan tingkat strata yang sama. Namun persaingan untuk masuk kedalam perguruan tinggi negeri dengan seiring bertambahnya tahun, maka semakin sulit dan susah. Karena persaingan yang semakin ketat dan kursi yang tersedia juga terbatas. Bayangkan saja jalur SNMPTN, SBMPTN saja berkisar rentang 800ribuan anak dan ini hanya akumulasi rata-rata jika dihitung setiap tahunnya. Untuk jalur UMPTN yang persaingannya lebih sedikit saja juga berkisar ribuan bahkan puluhan orang.

Banyak yang mengidamkan perguruan tinggi negeri (PTN) terutama di kampus-kampus besar seperti UGM, UI, Unpad, Undip, Unsri, UB dan kampus favorit lainnya. Namun sekali lagi persaingan yang sangat ketat, membuat beberapa calon mahasiswa didik menjadi banyak yang gagal dan beralih ke perguruan tinggi swasta (PTS).

Nah beberapa calon mahasiswa didik akan memilih jalur lain yaitu Sekolah Kedinasan Favorit. Banyak juga peminatnya setiap tahunnya dan pengujian juga semakin beragam dan bertingkat demi mendapatkan calon abdi negara yang berkompeten. Untuk sekolah kedinasan favorit ini peminat tiap tahun dapat dikategorikan sangat tinggi juga dan yang berhasil masuk juga sedikit. Namun jika kamu bekerja keras, berdoa, dan meminta restu dan dukungan dari orang tua, maka tidak ada yang tidak mungkin.

7 Sekolah Kedinasan Favorit Alternatif PTN dan PTS

1. STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN adalah sekolah kedinasan favorit dibawah Kementerian Keuangan. Sekolah kedinasan ini menjadi sekolah kedinasan paling favorit di Indonesia, bahkan para pelajar SMA dan SMK atau setingkat strata saja sangat termotivasi untuk masuk kesini. Dikarenakan jika berhasil masuk ke sekolah kedinasan ini, disamping sangat keren untuk urusan karir yang mapan pun akan dijamin oleh negara dikarenakan lulusan STAN akan disebarkan ke daerah-daerah di Indonesia dalam bidang administrasi dan keuangan. Perlu diingat peminat STAN sangat banyak, dan yang diterima pun sangat sedikit. Maka dari itu persiapkanlah minimal jangka waktu yang panjang, agar kamu siap dalam menjalankan beberapa serangkaian tes yang ada. Jurusan IPA dan IPS bahkan SMK sekalipun bisa masuk dan mendaftar kok.

2. STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika atau STIS adalah sekolah tinggi kedinasan favorit juga dibawah Badan Pusat Statistik (BPS). Lulusan dari STIS pasti akan ditempatkan di BPS daerah-daerah sebagai analisator data-data sebagai acuan pemerintah dalam menerapkan kebijakan. Keren bukan?. Admin sendiri mendapatkan kabar bahwa STIS mewajibkan pendaftarnya dari bidang IPA.

3. AKPOL

Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah sekolah kedinasan favorit yang banyak di idam-idamkan baik siswa maupun siswi. Tak tanggung-tanggung Akpol sendiri mewajibkan yang mendaftar dan dipastikan lolos adalah yang berkompeten dan sangat disiplin. Sekali melakukan tindak indisipliner maka Drop Out pun langsung terjadi. AKPOL membuat peraturan memang sangat ketat, karena lulusan AKPOL sendiri akan mempunyai pangkat yang tinggi dan menjadi abdi negara yang akan menjadi panutan. Untuk yang minat masuk AKPOL dapat dari IPA, IPS dan SMK sekalipun. Persiapkan fisik dan uji kompetensi yang diujikan ya, agar kamu bisa lolos.

4. AKMIL

Akademi Militer atau AKMIL adalah sekolah kedinasan favorit juga yang banyak pendaftarnya baik dari IPA dan IPS bahkan SMK. Namun persaingan yang ketat dan pencalonan tentara yang terbatas dan dibutuhkan yang mampu melewati serangkaian tes yang diujikan, dikarenakan lulusan AKMIL sendiri akan dikirim untuk mengamankan perbatasan negara, melindungi negara, bahkan sampai tentara kemanusiaan di luar negeri. Namun jasa seorang tentara adalah sangat terpuji untuk negara karena sudah disumpah untuk melindungi kedaulatan negara dengan jiwa yang gagah. Nah untuk kamu yang siap menjadi seorang prajurit TNI, persiapkanlah serangkaian tes yang ada ya.

5. STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sekolah kedinasan favorit juga yang diampu dibawah Badan Intelijen Negara (BIN). Proses masuk STIN pun sangat ketat dan ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi. Karena untuk menjadi seorang Intel, pasti ada syarat khusus dalam bertugas dilapangan. Maka dari itu dipastikan seleksi yang ketat dan yang lolos pun terbatas. Jika kamu siap menjadi seorang abdi negara tanpa dikenal banyak orang, maka STIN cocok buat kamu. Untuk syarat pendaftar IPA dan IPS serta sekolah setingkat pun bisa asalkan memenuhi syarat-syarat mutlak yang ada.

6. IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau disingkat IPDN ini sudah sangat terdengar di kalangan masyarakat loh. Menjadi salah satu kedinasan favorit yang sangat digemari oleh para pelajar baik siswa maupun siswi di Indonesia tercinta ini. IPDN ini dibawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Baik siswa siswi IPS dan IPA serta strata setingkat, bisa mencoba mendaftar kesini ya.

7. STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara atau STSN menjadi salah satu kedinasan favorit yang kece juga teman. Pasalnya jika kamu lulus dari STSN ini akan menjadi ahli cyber yang berprofesi sebagai intel cyber untuk mengamankan Indonesia dari kasus peretasan dan cyber attack dari negara lain. Namun sekarang ini namanya sudah berganti menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). Peminat untuk masuk Poltek SSN ini memang sangat banyak dan hanya sedikit untuk penerimaan. Serta dikhusukan untuk siswa siswi di bidang IPA saja teman. Maka dari itu jika kamu berminat dan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan di laman resminya. Dapat mencoba mendaftar ya.
Nah itulah 7 sekolah kedinasan favorit yang dapat dijadikan sebagai alternatif PTN dan PTS jika kamu ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun informasi diatas bisa saja berubah seiring berjalannya waktu ya teman. Maka dari itu teman-teman semua diwajibkan melakukan cek langsung di laman resminya. Informasi disini hanya sebagai literatur penyampaian informasi saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × two =