6 Kumpulan Karya Sastra Pantun Tema Pendidikan Bahasa Indonesia SD SMP SMA

Diposting pada

 

kumpulan pantun pendidikan


Blog Ilmu Pendidikan– Pantun merupakan salah satu karya sastra bahasa Indonesia yang banyak disukai oleh semua orang dan merupakan puisi lama. Pantun sendiri mempunyai jenis-jenisnya sendiri antara lain pendidikan, jenaka atau humor, agama, pesan moral, dsb. Biasanya pantun sering dikaitkan dan identik dengan orang Betawi, dikarenakan sebagian besar orang Betawi memang jago untuk berpantun. Dalam menciptakan karya sastra pantun, memang dibutuhkan kreativitas dalam merangkai setiap kata agar sampiran dan isi saling berkesinambungan serta tepat. Serta pantun sendiri mempunyai struktur a-b-a-b dan tidak boleh lebih dari 12 suku kata dan minimal 8 suku kata.

Perlu diketahui juga tiap satu bait pantun terdiri dari empat baris kalimat. Untuk dua baris pertama merupakan bagian sampiran ya teman dan dua baris akhir merupakan isi pantun. Didalam isi pantun sendiri penulis pantun biasanya memberikan sebuah amanat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Antara sampiran dan isi harus berkesinambungan sesuai aturan baku pantun yakni a-b-a-b. Jika pantun yang dibuat kamu a-a-a-a atau b-b-b-b maka itu belum bisa disebut pantun, akan tetapi disebut sebuah puisi. Maka dari itu jika kamu ingin membuat pantun pastikan minimal 8 suku kata dan maksimal 12 suku kata setiap barisnya. Serta mempunyai struktur a-b-a-b.

Berikut Karya Satra Pantun Tema Pendidikan

Ke Semarang naik sedan
Pulangnya naik pesawat
Rajin adalah sikap teladan
Ayo belajar dengan semangat
Makan bakso rasanya pedas
Tidak lupa minumnya es
Semangat belajar dengan keras
Agar hidup kita sukses
Beli buah di kota Semarang
Buahnya mangga rasanya manis
Belajar tekun mulai sekarang
Agar tidak gagal dan menangis
Hamparan padang rerumputan
Ada sapi berjumlah delapan
Pendidikan sebagai jembatan
Untuk kesuksesan masa depan
Daun jambu dan talas
Ada juga daun pandan
Jika kamu bersikap malas
Kamu bukan murid teladan
Buah jeruk dan buah duku
Keduanya diberikan orang tua
Marilah perbanyak baca buku
Karena buku jendela dunia
Diatas merupakan contoh 6 contoh karya sastra pantun bertema pendidikan untuk anak SD, SMP, dan SMA. Pantun diatas adalah sebagai pengingat kepada para pelajar agar semangat menuntut ilmu dan tidak bermalas-malasan. Dikarenakan sikap rajin dan tekun belajar dapat membantu proses sukses di masa depan. Maka dari itu dibuatlah karya sastra pantun bertema pendidikan diatas, bertujuan agar para pelajar dapat giat belajar dan semangat pantang menyerah apapun rintangannya.
Sikap rajin dan giat belajar merupakan sikap teladan dari pelajar yang harus dijunjung tinggi dan selalu dikuatkan, agar menjadi sebuah karakter pelajar yang hebat serta dapat membangun negeri ini dengan adanya para pelajar yang cerdas dan berkarakter.
Demikian artikel 6 contoh karya sastra pantun bertema pendidikan Bahasa Indonesia yang dapat kamu baca dan menjadi motivasi melalui bacaan pantun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − fifteen =