3 Tips Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa Saat Corona

Diposting pada

 

belajar bisnis untuk mahasiswa
Ilustrasi foto membahas ide bisnis

Blog Ilmu Pendidikan – Bisnis menjadi salah satu jalan yang ditempuh untuk mencapai kesuksesan. Karena banyak orang yang sukses, disaat menjadi seorang pebisnis. Alasan bisnis menjadi suatu jalan untuk menggapai kesuksesan, dikarenakan jika bisnis dikelola dengan baik serta memperhatikan kas masuk dan kas keluar secara baik maka bisnis itu dapat berjalan dengan semestinya bahkan meningkat.

Bisnis sangat cocok dijalankan oleh anak-anak muda, terutama mahasiswa sebagai hasil penerapan ilmu yang didapatkan waktu pembelajaran di kampus. Ilmu yang sudah dapat dan kemudian di terapkan untuk membangun dan meningkatkan bisnis, menjadi sebuah hal agar mahasiswa saat lulus tidak mengandalkan untuk menjadi seorang karyawan atau pekerjaan lain. Mengingat banyaknya persaingan dan kuota pekerjaan di lapangan yang tersedia. 

Maka dari itu, para mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu-ilmu yang didapat untuk membangun sebuah bisnis baik di bidang produk maupun bidang jasa, agar suatu saat dapat menyediakan lowongan pekerjaan.

3 Ide Bisnis untuk Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

1. Jual Barang Digital

Banyak barang-barang digital yang dapat dijual di marketplace Shopee, Facebook, Instagram, dan Twitter. Barang digital dapat dijual misalkan seperti e-book buatan sendiri. Dikarenakan jika berjualan e-book milik orang lain dapat terkena izin legalitas mengenai hak kekayaan intelektual dari si penulis dan ada denda yang cukup besar, walaupun banyak orang yang melanggarnya. Akan tetapi jika kamu dapat berjualan e-book karyamu sendiri, jika e-book itu bagus dipasaran, maka mungkin saja publisher besar akan melirik karyawamu juga. Atau dapat membuat produk digital lain seperti perangkat lunak, dan jangan lupa untuk dipasarkan agar barang jualanmu dapat dikenal oleh orang.

2. Jual Jasa 

Untuk yang kedua ini, memang sangat efektif dijalankan di waktu pandemi ini. Kamu dapat menjual jasa yang sesuai keahlian dan bidangmu. Mulai dari penulisan, penerjemah, web developer, UIX Design, Marketing dsb. Jasa yang tersedia untuk kamu tawarkan di beberapa situs penyedia platform, tersedia banyak sekali. Jual Jasa ini dapat disebut Freelance. Maka dari itu kamu harus menentukan jasa apa yang kamu kuasai dan sesuai keahlian, agar orang yang menggunakan jasa kamu selalu percaya pada dirimu.

3. Jual Makanan 

Jual makanan juga menjadi salah satu solusi untuk menambah penghasilan di masa pandemi ini. Kamu dapat memanfaatkan sosial media, untuk memposting makanan yang kamu jual dan gunakanlah sistem Cash On Delivery serta Pre-order telebih dahulu. Jadi kamu dapat tetap aman dirumah dan bisnis pun tetap jalan. Coblah untuk memposting hasil kreasi makananmu di Facebook, Instagram, dan Twitter dan tidak lupa disertakan copywriting yang menarik juga.
Tiga ide bisnis diatas dapat kamu coba salah satunya yang sesuai keahlian dan minat bakat kamu. Ingat sesuatu hal yang menjadikan sukses adalah satu hal yang terus menerus dilakukan agar menjadi suatu habit atau kebiasaan.  Ide bisnis diatas memang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, bahkan persaingannya pun ketat. Tapi perlu yang diingat ide bisnis diatas dapat kamu modifikasi lagi dan berikan nilai kelebihan serta hal yang menarik, agar produkmu beda dari yang lain.
Namun, jika produkmu baru dimunculkan otomatis para konsumen pun tidak mengerti barang yang kamu jual atau jasa yang kamu sediakan. Maka dari itulah, promosi produk harus dilakukan agar orang-orang mengerti terhadap produk jadi dari ide bisnis yang kamu buat.
Namun jika kamu ingin berbisnis akan tetapi tidak mempunyai modal, mungkin bahasan dibawah ini dapat kamu lakukan dan diterapkan, agar kamu dapat mempunyai bisnis yang dapat dijalankan.

Tips Membangun Bisnis Jika Terkendala Modal

1. Kamu dapat mencari relasi mulai dari teman SMA dan Kuliah yang dapat kamu ajak untuk mendirikan sebuah bisnis, dan ini juga dapat dijadikan solusi jika kamu ingin mendirikan bisnis tapi tidak mempunyai modal yang cukup. Dan hasil dari bisnis nanti dapat bagi hasil dengan rekan bisnismu.
2. Buat proposal usaha dan tawarkan kepada investor yang mau ikut mendanai usahamu. Investor disini tidak harus investor yang sudah tingkat besar, karena bisnis yang dibangun masih berskala kecil. Maka dapat mencari investor retail dahulu baru bertahap. Buatlah proposal yang semenarik mungkin agar investor mau untuk menanam modal dalam ikut mensukseskan pendirian usaha. Walaupun masih berskala kecil.
Nah dua tips diatas dapat dicoba jika kamu ingin mendirikan bisnis akan tetapi terkendala dengan modal yang tidak mencukupi. Semakin kamu pintar melihat peluang dan langsung beraksi terhadap ide bisnis yang sudah kamu tentukan, maka kamu sudah selangkah lebih maju dari teman-teman kamu yang belum melakukan usaha dan sedang terjebak di zona nyamannya. Begitulah bahasan tiga tips ide bisnis online untuk mahasiswa saat corona yang dapat kamu jalankan untuk menambah penghasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =